Hardware Pada Komputer

Hardware
1. Mouse
Mouse adalah salah satu perangkat keras yang tergabung dalam fungsi input sistem.
Cara untuk kustomisasi mouse adalah :
 Klik Start
 Control Panel
 Mouse
Setelah itu kita bisa melakukan kustomisasi pada mouse sesuai dengan yang kita inginkan.

23

Disini kita bisa mengatur kecepatan double click dari mouse, mengantur pointer nya sesuai dengan yang kita inginkan dan lainnya.

2. Keyboard
Keyboard juga merupakan bagian dari hardware computer yang termasuk dalam fungsi input.
Kustomisasi keyboard tak jauh berbeda dengan mouse, yaitu :
 Klik Start
 Control Panel
 Keyboard

24

Pada keyboard, kita bisa mengatur kecepatan dari huruf yang tombolnya ditahan dan kecepatan kedap kedip dari kursor dan lainnya.

3. Random Access Memory (RAM)

Cara melihat informasi mengenai RAM :

 Control Panel
 All Control
 System
ram prosesss
RAM adalah memori dalam sistem komputer yang berguna untuk menampung data sementara dan mengirimnya kembali untuk segera diakses dan diproses oleh prosesor.Karena kecepatan prosesor lebih tinggi dari kecepatan hardisk,maka diperlukan RAM untuk menyeimbangkan data keluar masuk dari hardisk.
Jenis – jenis RAM :
• DRAM (Dynamic RAM)
• SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)
• RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
• SRAM (Static RAM)
• EDO RAM (Extended Data Out RAM)
• FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
• Flash RAM

4. VGA

 

vga

Berdasarkan Arsitektur sistem I/O bus VGA
Bentuk fisik kartu VGA berdasarkan arsitektur sistem I/O bus peripheral-nya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut :
• VGA ISA
• VGA EISA
• VGA PCI
• VGA AGP
• VGA PCIe

 

5. Processor

Cara melihat informasi precessor :

 Control Panel
 All Control
 System

ram prosesss

Berikut ini adalah daftar jenis / tipe processor AMD dan processor Intel yang saat ini beredar di pasaran. Sebagai mana diketahui bahwa processor mempunyai peranan penting dalam sebuah komputer, jika dilihat dari pengertian dan fungsi processor maka dapat diketahui bahwa processor ini berperan sebagai otak dari komputer yang berfungsi mengolah data. Dalam memilih processor harus disesuilkan dengan kebutuhan untuk apa komputer ini dibuat missal untuk game, belajar, untuk kantoran atau hanya sekedar berinternetan saja.
Processor intel memiliki tipe beragam antaranya adalah Intel Core i7, Intel Core i5, Intel Core i3, Intel Core 2 Quad, Intel Core 2 Duo, Intel Dual Core juga Intel Pentium. Demikian pula dengan processor AMD ada beragam tipe yaitu seri AMD FX, AMD APU, AMD Phenom, AMD Athlon dan Sempron. Jika anda berencana membuat komputer rakitan maka pastikan anda melihat spesifikasi yang tertera di prosesor target anda, ini karena setiap prosesor memiliki kecepatan, memori, VGA on-chip (sebagian besar), dll, juga soket PIN motherboard yang berbeda-beda, pastikan prosesor yang akan dipilih sesuai dengan tipe motherboard yang anda miliki. 1 hal lagi, tips dari saya agar seluruh komponen komputer tetap awet pastikan pasokan listrik harus stabil dan sesuai kebutuhan atau melibihi dengan cara memilih power supply yang tepat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment