Microsoft Excel

penkom 5

Salah satu jenis aplikasi pengolah angka yang umum digunakan adalah Microsoft excel. Microsoft excel membantu penggunanya dalam membuat table dalam berbagai format, perhitungan matematika, statistic, logika hingga conditional statement dan tentunya untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam mengolah angka.
Beberapa fungsi Ms. Excel yang akan dibahas kali ini adalah SUM ( penjumlahan), AVERAGE ( rata-rata), IF , VLOOKUP, STDEV,MAX, dan MIN.
Sum adalah fungsi Excel yang digunakan untuk menjumlah dalam Excel. Cara menggunakan fungsi SUM adalah :
• =SUM(sel data yang akan dijumlahkan)
• Lalu tekan “Enter”
Maka hasil penjumlahan akan mucul. Jika ingin menjumlahkan sel yang lainnya bisa dengan di “tarik” sel yang telah dijumlahkan sampai ke sel yang ingin dijumlahkan.
Average adalah fungsi Excel sebagai penghitung hasil rata-rata. Cara menghitung rata-rata tidak jauh berbeda dengan penjumlahan, yaitu :
• =AVERAGE(Sel data yang akan dirata-ratakan)
• “Enter”
Tinggal “menarik” sel yang sudah dicari rata-ratanya jika ingin tahu nilai rata-rata sel yang lain.
IF adalah fungsi Excel yang dibuat untuk membuat fungsi kondisi. Cara menggunakan fungsi IF ini berbeda-beda di setiap computer yang di gunakan, tergantung dari instruksi yang di gunakan. Pada computer ini, cara menggunakan fungsi IF adalah :
• =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Sama seperti fungsi-fungsi diatas, tinggal me “narik” kursor sel ke sel yang akan diketahui fungsi kondisinya.
Begitu pula dengan MAX sebagai fungsi untuk mengetahui nilai maksimal dari semua nilai. MIN untuk mengetahui nilai terrendah. Sedangkan STDEV untuk mengetahui nilai standar deviasi. Masing-masing cara menggunakan fungsi ini adalah :
• =MAX(Sel data) lalu “Enter”
• =MIN(Sel data) lalu “Enter”
• =STDEV(sel dats) lalu “Enter”
Tinggal “menarik” kursor sampai ada tanda “+”, lalu tarik ke sel lain yang ingin diketahui datanya.
VLOOKUP adalah fungsi excel sebagai pengambil nilai berdasarkan criteria tertentu. Cara menggunakan fungsi ini adalah :
• =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
Intinya adalah semua fungsi yang akan digunakan harus memakai symbol “=” dulu agar perhitungan dan fungsi-fungsi excel dapat digunakan dengan baik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment