ncbi ???? :D

Assalamu’alaykum sholih dan sholihah 🙂
Apa kabar nih? baik2 aja kan?? 🙂
jaga kesehatan ya, di sini virus hepatitis lg menyerang nih, jd musti ekstra hati2 ya guys… 😉
ok, kemaren kan kita udah membahas mengenai literatur nih, apa itu literatur, pembagian literatur dan lainnya seputar literatur.
Termasuk mengenai literatur primer, sekunder dan tersier . . 🙂
masih ingat toh . . . hehe
Nah, sekarang kita akan membahas mengenai NCBI.
Nah loh, apa itu ncbi?? ncbi adalah salah satu situs jurnal yg tergolong dalam literatur primer teman-teman.. ncbi ini berbasis internasional.. (Waah, ga kebayang ya segimana gede servernya buat nyimpan data 😀 )
Nah, disini jelasan yg lebih komplit.
Ncbi adalah web yang berisi database tentang informasi kesehatan dan bioteknologi untuk mencari sekuen DNA dan berpusat di Amerika.
Banyak nih, keunggulan dari ncbi. Salah satunya desain primer dan da datanya sangat update.
Berfungsi sebagai bank data gen dan protein yang terlengkap. Ncbi merupakan literature terlengkap dan yang paling sering menjadi acuan oleh para peneliti dunia dalam bidang kesehatan. Kalau mau mencari jurnal bisa di Pubmed pada list di All database di kiri atas tampilan awal ncbi.a
SNP (single nukleotid polyferisme) adalah tentang gen pada manusia. Setiap manusia yang berasal dari berbagai suku,jenis dan ras jadi pasti memiliki gen yang berbeda-beda. Di ncbi juga terdapat menu BLAST yg digunakan untuk menganalisis dan untuk mencari tingkat kekerabatan gen. Angka 156 aa menunjukkan jumlah asam amino. Ada fasta yang merupakan susunan basa nukleotidanya dan berisi kode asam amino. Semakin besar nilainya maka makin dekat tingkat kekerabatannya.
Nah gitu.. udah pusing ya sama penjelasan ana. . . haha 😀
Untuk melihat persenan kekerabatannya dilihat pada indent. Accesssion merupakan nomor serinya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment